Minggu, 04 Mei 2014

Fakta Singkat "Einstein Karya Wisata ke Pabrik"

J Fakta singkat J

1. Bangsa yunani purba dan bangsa indian sudah menikmati banyak permen karet

2. Manusia mengonsumsi sekitar 3 miliar pon (hampir 1,5 miliar kg) cokelat setiap tahun


3. Orang berbahasa inggris menyebut biji kakao “cocoa” karena zaman dahulu, sorang pengimpor cokelat inggris salah mengeja “cacao” menjadi “cocoa”

4. Kafein menyebabkan system syaraf tubuh melepaskan adrenalin, membuat jantungmu memompa lebih cepat dan membuatmu lebih segar


5. Es batu meleleh di atas 0  (0 derajat celcius) . pasir tidak meleleh sampai mencapai suhu 1.700  (1.700 derajat celcius)

6. Para ilmuwan masih memperdebatkan apakah kaca benda padat atau cairan yang sangat pekat. Karena jendela yang tua sering kali lebih tebal di dasar daripada di puncak beberapa orang menyatakan kaca mengalir seiring dengan berlalunya waktu. Namun, jendela tua tidak di buat pippih sempurna, danorang memasangnya di bingkai dangan sisi yang lebih tebal di bawah. Selain itu, perkakas kaca romawi tertua tidak menunjukkan tanda-tanda “mengalir”. Oleh karena itu, melihat kaca tua tidak menjawab pertanyaan apakah kaca sebenarnya merupakan zat cair.


7. Ahli parfum mengatakanbahwa menciptakan wewangian baru mirip mengubah lagu.

8. Lihat ujung hitam pensilmu untuk mendapatkan petunjuk terbuat dari apakah berlian itu. Ujung hitam itu adalah grafit, bahan yang terbuat dari karbon—sama seperti intan.


9. Walaupun kita  menghubungkan intan degan perhiasan mahal, sebagian besar (intan biasa bermutu sedang)
 digunakan di pabrik, seperti pabrik mobil untuk memotong dan mengebor.

10.         Kalau mineral yang teppat ada intan, safir, dangarnet dapat mengkristal dalam batuan cair panas di bawah tekanan hebat.


11.         Selama 3.500 tahun bangsa China menyimpan rahasia sutra dari seluruh dunia.

12.         Molekul detergen kelihatan mirip kecebong kecil. “kepalanya” menyukai air; “ekornya” membenci air.


13.         Noda protein—seperti darah, susu, dan telur—kebal terhadap sabun biasa. Itu sebabanya enzim khusus yang mengurai molekul protein ditambahkan pada detergen.

14.         Balon juga membawa alat ilmiah tinggi ke udara. Kemudian balon meledak di tekanan rendah, dan alat itu mulai jatuh, melakukan pengukuran sambil turun.


15.         Botol-botol kecil berisi debu mumi pernah dijual sebagai obat penyembuh segala penyakit. Menelan satu sendok the penuh mayat berumur 2.000 tahun dianggap akan membuat orang bersemangat dan bugar.

Tidak ada komentar: